Berbeda dengan pelaksanaan projek Penguatan Profil Pelajar pancasila (P5) kelas VII, Kelas VIII  mengusung tema Bangunlah Jiwa dan Raganya mengenai  Stop Bullying!

Tim projek VI mengusung tema Stop Bullying, karena masih marak dan masih sering terjadi di lingkungan pendidikan saat ini. Bullying atau acapkali disebut dengan perundungan memiliki arti mengganggu, mengusik terus-menerus dan menyusahkan. Saat ini banyak sekali kasus-kasus pembullyian terutama di sekolah. Banyak sekali anak yang berhenti sekolah hanya karena takut dibully, bahkan ada yang sampai bunuh diri karena tekanan yang sering menganggu mentalnya.

Namun saat ini, pemerintah dan sektor pendidikan sedang gencar menggalakkan menolak aksi bullying di lingkungan sekolah. Melalui kurikulum merdeka pemerintah mewajibkan sekolah melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan berbagai tema didalamnya, salah satu bentuk kepedulian SMP NEGERI 5 UNGARAN untuk membebaskan perundungan adalah memasukkan unsur pendidikan tentang aksi perundungan kedalam proyek P5 dengan tujuan menanamkan nilai nilai Pancasila kepada peserta didik.

Mengapa hal tersebut harus kita perhatikan? Seperti yang kita ketahui bahwa perundungan memiliki efek yang luar biasa terhadap mental seseorang. Harapannya melalui proyek P5 ini siswa SMP NEGERI 5 UNGARAN  menjadi lebih peka dan menjaga sikap untuk membangun lingkungan positif sehingga bullying dapat dicegah dan dihilangkan.