Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2022, SMP Negeri 5 Ungaran mengadakan Kegiatan Bulan Bahasa, kegiatan ini dilaksanakan melalui berbagai aktivitas kebahasaan dan kesastraan yang melibatkan seluruh peserta didik, guru dan tenaga kependidikan. Kegiatan tersebut terdiri dari bazar buku bekerjasama dengan Gramedia, gerakan menulis serentak, lomba Bahasa Indonesia, Lomba Bahasa Inggris, Lomba Bahasa Jawa serta Lomba membuat Majalah Dinding dan Sudut Baca Kelas.

 

Lomba gerakan menulis serentak dilakukan oleh seluruh siswa, guru dan tenaga kependidikan di tempat dan waktu yang bersamaan.Lomba Bahasa Inggris meliputi lomba spelling bee, story telling dan reading contest yang dikuti oleh peserta didik. Lomba Bahasa Jawa meliputi Menyalin paragraf berhuruf Jawa, alih aksara Latin ke huruf Jawa, dan alih aksara dari huruf Jawa ke huruf Latin yang diikuti perwakilan masing- masing kelas. Semangat seluruh warga SMP Negeri 5 Ungaran terlihat sekali dalam setiap kegiatan tersebut.

Kegiatan dengan tema Bangkit Bersama Membangun Bangsa ini dibuka oleh Ibu Kuswahyu Widiyanti, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Sekolah dengan memukul gong sebagai penanda di mulainya kegiatan bulan bahasa dan sastra tahun 2022. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggaran oleh SMP Negeri 5 Ungaran, yang memberikan kebebasan berekspresi melalui literasi baik berbahasa Indonesia, Inggris, dan Jawa. Semua warga sekolah selalu senang menyambut even ini. Harapannya kegiatan literasi di sekolah akan terus meningkat dari tahun ke tahun.